Kamis, 04 Mei 2017

Doing Business in Global Markets (Chapter 3)


Pentingnya Pasar Global

·   1. Tidak ada negara yang bisa memproduksi semua jenis barang atau jasa yang dibutuhkan dan diinginkan masyarakatnya.
·         2. Setiap negara membutuhkan negara lain untuk mencukupi kebutuhannya.
·     3. Perdagangan global membuat sebuah negara bisa memproduksi barang  terbaik yang bisa mereka produksi dan membeli barang yang mereka butuhkan dari negara lain.
Teori Keuntungan Komparatif (David Ricardo)

·         Perbedaan keunggulan.
·       Sebuah negara harus menjual ke negara lain barang yang mereka produksi paling efektif dan paling efisien, dan membeli barang dari negara lain produk-produk yang tidak bisa diproduksi seefisien dan seefektif negara lain.
·      Teori keuntungan komparatif akan tercapai jika suatu negara mampu memproduksi barang dan jasa lebih banyak dengan biaya yang murah daripada negara lain.
Teori Keuntungan Absolut (Adam Smith)

·     Sebuah negara memonopoli produksi suatu produk atau memproduksi sebuah produk lebih efisien daripada seluruh negara.
·         Sebuah negara melakukan spesialisasi produk.
Ekspor dan Impor

·      Exporting adalah memproduksi barang di dalam negeri dan menjualnya ke luar negeri.
·   Importing adalah membeli barang jadi dari luar negeri dengan tujuan menjualnya kembali di dalam negeri

Istilah-istilah dalam Perdagangan Bebas

·   Neraca Perdagangan adalah total nilai ekspor suatu barang yang dibandingkan dengan impor selama satu periode tertentu
·      Neraca Pembayaran adalah selisih antara  uang yang masuk ke suatu negara dari ekspor dan uang yang keluar dari impor ditambah aliran uang lainnya
·      Dumping adalah menjual barang ke negara lain lebih murah dibandingkan di dalam negeri
Strategi Menguasai Pasar Global

a.        Lisensi

Lisensi adalah hak yang diberikan lisensor kepada lisensi hanya berupa hak kekayaan intelektual saja.
Contoh : Lisensi Warner Bros

b.        Franchising

Franchising adalah hak yang diberikan Franchisor kepada franchaise berupa hak   kekayaan intelektual dan format bisnis
Contoh : KFC dan Mc Donalds

c.         Pengembangan Ekspor

d.        Contract Manufacturing

Contract Manufacturing adalah label perusahaan asing yang digunakan oleh perusahaan lokal
Contoh : Intel di komputer

e.         Kerjasama Internasional dan Strategi aliansi

Kerjasama internasional adalah kerjasama antar dua negara atau lebih dalam proyek yang sama.
Contoh : AEC ( Asean Economics Community)

Strategi aliansi adalah hubungan jangka panjang antara dua perusahaan atau lebih yang dibangun untuk saling membantu dan membangun kompetisi pasar
Contoh : Aqua berhasil memasuki pasar global setelah partner dengan Danone

f.         Foreign Direct Invetsment

n  Foreign Direct Investment (FDI) adalah pembelian secara permanen properti dan bisnis di negara lain
Contoh : Freeport di Papua
n     Foreign Subsidiary adalah anak cabang perusahaan di negara lain
n Perusahaan Multinasional adalah Perusahaan yang produksi dan pemasaran produknya dibanyak negara serta pengelolaan dan kepemilikan sahamnya bersifat multinasional
Contoh : PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Dimana produk indomie nya sudah    ekspansi ke eropa, afrika hingga amerika.
n  Sovereign Wealth Funds (SWFs) adalah Pendanaan investasi yang dipegang luas oleh pemerintah di luar negeri
Contoh : Kereta Cepat di DKI Jakarta yang dibangun oleh dana pemerintah Tiongkok

Hal Yang Mempengaruhi Perdagangan Global
      Sosiokultur
      Ekonomi dan Keuangan
      Legal dan Regulasi
      Lingkungan dan Fisik
Trade Protectionism adalah penggunaan regulasi pemerintah untuk membatasi impor barang dan jasa
Bentuk Trade Protectionism
      Tariffs
      Kuota Impor dan Embargo
World Trade Organization
      General Agreement on Tariffs and Trade (GATT)
      World Trade Organization (WTO)
      Common Market
Offshore Outsourcing adalah Proses dimana perusahaan mengontrak dengan perusahaan lain untuk mengerjakan sebagian atau semua fungsi perusahaan tersebut

Rencana Untuk Menghadapi Pasar Global
      Belajar bahasa asing dan budayanya

      Mengambil kursus mengenai bisnis global


Refrensi : William Nickels, James McHugh, Susan McHugh-Understanding Business-McGraw-Hill Education (2015)

0 comments:

Posting Komentar