Selasa, 02 Mei 2017

Meningkatkan Infrastruktur, Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas utama pada masa kepemimpinan presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini dikarenakan pembangunan infrastruktur sebelumnya kurang merata karena hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur di pulau jawa saja. Selain alasan tersebut, Mengapa pembangunan infrastruktur menjadi focus dalam masa pemerintahan presiden Joko Widodo ?

                                                Sumber :  http://databoks.co.id/

Dari data Statistik Indonesia diatas dapat dilihat bahwa indeks pembangunan infrastruktur jaringan di Indonesia masih di bilang sangat rendah, dari ke-6 negara yang di riset oleh We are social dan hootsuite ternyata Indonesia menempati posisi ke-5. Indonesia hanya berada tepat satu tingkat diatas Vietnam yang berada di posisi paling bawah dalam hal pembangunan infrastruktur, hal tersebut tentu saja membuat presiden Jokowi akan sangat berfokus terhadap pembangunan infrastruktur. Selain itu, pembangunan infrastruktur yang dilakukan pada masa pemerintahan presiden Jokowi akan berfokus pada pembangunan infrastruktur di daerah Indonesia bagian timur. Proyek infrastruktur apa aja yang dicanangkan Jokowi ?

                                                                     Sumber :  http://databoks.co.id/

Proyek pembangunan infrastruktur yang dicanangkan Jokowi di daerah indonesia khususnya indonesia bagian timur difokuskan pada proyek jalan tol, proyek kereta api, proyek bandara, dan proyek pelabuhan. Jika dilihat dari grafik di atas, dapat dianalisis bahwa alasan utama mengapa proyek jalan tol menjadi focus paling besar pada pembangunan infrastruktur di daerah Indonesia bagian timur adalah karena di daerah tersebut sangat minim infrastruktur yang menunjang transportasi darat untuk menuju daerah tertentu disana. Selain itu, proyek bandara, kereta api, dan pelabuhan juga menjadi focus dari pembangunan infrastruktur di daerah Indonesia bagian timur. Semua proyek tersebut bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah-wilayah di Indonesia khususnya untuk wilayah Indonesia bagian timur. Hal itu membuat perjalanan barang dan jasa di daerah tersebut menjadi cepat dan produktif, selain itu juga membuat terjadinya peningkatan jumlah barang/kebutuhan pokok yang tersedia di daerah tersebut. Sehingga membuat harga-harga di daerah tersebut bisa sama dengan harga-harga di daerah lain khususnya sama seperti di daerah jawa.

                                                                      Sumber :  http://databoks.co.id/

Apa alasan presiden Jokowi menghabiskan banyak anggaran APBN untuk Infrastruktur ? Berapa rupiah yang dicanangkan untuk proyek infrastrukturnya itu ?
Salah satu alasan mengapa presiden jokowi berfokus terhadap pembangunan infrastruktur di Indonesia bagian timur adalah untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah-wilayah yang ada di Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya, memerlukan anggaran yang cukup besar. Sehingga setiap tahun anggaran untuk infrastruktur mengalami kenaikan yang cukup drastis, hal tersebut bisa dibilang wajar karena pada masa kepemimpinannya, pembangunan infrastruktur menjadi focus utama. Pada tahun 2014-2017, dengan anggaran sebesar Rp 1163.6 triliun presiden mencanangkan setidaknya ada 101 proyek pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan di seluruh daerah yang ada di Indonesia khususnya untuk Indonesia bagian timur. Dari 101 proyek pembangunan infrastruktur dibagi menjadi 4 jenis proyek pembangunan yang sudah saya jelaskan pada bagian grafik Data Statistik sebelumnya.

                                                                     Sumber :  http://databoks.co.id/

Apa sih hasil pengorbanan anggaran yang cukup besar untuk infrastruktur tersebut ? Hasil dari pengorbanan anggaran yang besar tersebut dapat dilihat dari grafik diatas, dimana pada tahun 2016 pulau Maluku dan Papua mengalami pertumbuhan ekonomi paling besar diantara pulau lainnya. Hal ini berarti pembangunan pada masa pemerintahan presiden Jokowi bisa dianggap sukses karena mampu meningkatkan konektivitas antar pulau/wilayah yang ada di Indonesia, hal itulah yang membuat pertumbuhan ekonomi di daerah Indonesia bagian timur mengalami peningkatan bahkan tertinggi diantara pulau-pulau lainnya.

Hanya itu yang dapat saya analisis semoga kedepannya pembangunan infrastruktur yang dilakukan presiden Jokowi mampu membuat biaya logistik lebih murah, meningkatkan efisiensi pertukaran barang dan jasa, serta meningkatkan produk nasional sehingga membuat produk nasional dapat bersaing di mancanegara. Sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. 

0 comments:

Posting Komentar