Rabu, 10 Mei 2017

Peningkatan Pembangunan Manusia Indonesia

Negara maju tentu memiliki indeks pembangunan yang baik. Ada beberapa indikator untuk mengukur indeks pembangunan manusia atau Human Development Indeks (HDI), antara lain indeks kesehatan, indeks pendidikan, dan indeks standard hidup yang layak. Pada artikel ini akan dibahas indeks pembangunan manusia Indonesia.  
                                                   Sumber : databoks.katadata.co.id


Dari data statistic diatas dapat dilihat bahwa indeks pembangunan manusia Indonesia (IPM) pada tahun 2015 mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang berarti ada perbaikan yang telah berhasil pemerintah lakukan. Apa aja sih perbaikan yang berhasil pemerintah lakukan ? seperti yang telah dijelaskan sebelumnya indikator untuk mengukur IPM adalah indeks pendidikan, indeks kesehatan, dan indeks standard hidup yang layak. Jika dilihat dari grafik diatas maka dapat disimpulkan bahwa pada tahun 2015 telah terjadi perbaikan kualitas pendidikan yang mencakup angka anak dibawah 15 tahun yang melek huruf meningkat & angka anak yang mengalami putus sekolah berkurang, pada tahun 2015 juga telah terjadi peningkatan kualitas kesehatan berupa peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang membuat angka harapan hidup meningkat & angka kematian bayi mengalami penurunan. Di tahun 2015 indeks standard hidup layak penduduk Indonesia mengalami peningkatan yang memiliki arti bahwa penduduk Indonesia memiliki pendapatan yang layak sesuai dengan kebutuhan mereka atau bahkan melebihi.
                                                     Sumber : databoks.katadata.co.id

Dari grafik diatas dapat dilihat bahwa dari tahun 2010-2016 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya, hal tersebut berarti adanya peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, & standard hidup layak yang dilakukan oleh pemerintah. Walaupun kenaikannya setiap tahun tidak besar tetapi hal tersebut menunjukan bahwa pemerintah mempunyai niat yang serius untuk perbaikan indeks pembangunan manusia (IPM) Indonesia. Perbaikan IPM yang dilakukan pemerintah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia agar mampu bersaing dalam masyarakat ekonomi asean (MEA) yang akan mulai diberlakukan pada tahun 2016.
                                                                   Sumber : databoks.katadata.co.id

Jika dilihat dari data statistic diatas dapat diketahui bahwa indeks pembangunan manusia Indonesia tertinggi terdapat di Provinsi DKI Jakarta, hal tersebut bisa dikatakan wajar karena Jakarta merupakan ibukota negara yang menjadi cerminan dari negara Indonesia. Hal itu berarti kualitas pendidikan & kesehatan di DKI Jakarta jauh lebih  baik diantara provinsi lainnya, serta standard hidup layak di Jakarta jauh lebih tinggi diantara provinsi lainnya. Kemudian di posisi kedua ada provinsi DI Yogyakarta yang memiliki IPM yang tinggi di Indonesia, hal itu berarti kualitas pendidikan, kesehatan, & standard layak hidup yang ada di DI Yogyakarta tidak kalah baik dengan yang ada di DKI Jakarta. Kemudian di peringkat ketiga ada Provinsi Kalimantan Timur, serta di peringkat 10 ada Provinsi Jawa Barat.
                                                                    Sumber : databoks.katadata.co.id

Walaupun setiap tahun IPM Indonesia mengalami kenaikan, namun untuk tingkat global pembangunan manusia Indonesia masih sangat tertinggal. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), IPM Indonesia yang dirilis pada 2013 menempatkan Indonesia di peringkat 108 dari 187 negara. Kualitas manusia Indonesia masih jauh tertinggal dari Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, & Thailand di kawasan ASEAN. Namun, kualitas manusia Indonesia masih jauh lebih baik dibandingkan Filipina, Vietnam, Kamboja, Laos, & Myanmar. Hal tersebut berarti pemerintah Indonesia harus terus lebih meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, serta standard hidup layak jauh lebih baik dari sebelumnya agar dapat menyamai atau bahkan melebihi keempat negara yang lebih baik dibandingkan Indonesia di kawasan ASEAN. Selain itu perbaikan kualitas manusia Indonesia juga sangat diperlukan agar manusia Indonesia mampu bersaing dengan manusia negara lain di dalam masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2016.

0 comments:

Posting Komentar