•
Menggambarkan
perubahan yang terjadi pada saat ini di fungsi manajemen
Manajer pada jaman
sekarang melakukan semua tugas dengan penuh kerjasama dan partisipasi dari para
pekerja. Melibatkan karyawan berarti membiarkan mereka untuk berpartisipasi
lebih lengkap dalam pengambilan keputusan.
•
Menjelaskan
empat (4) fungsi dari manajemen
· Menghubungkan
proses perencanaan dan pengambilan keputusan untuk pencapaian tujuan perusahaan
a. Mendefinisikan
situasi
b. Menjelaskan
dan mengumpulkan info yang dibutuhkan
c. mengembangkan
alternatif
d. Mengembangkan
kesepakatan di antara hal yang terlibat
e. Memutuskan
alternatif mana yang terbaik
f. Melaksanakan
apa yang ditunjukkan (mulai pelaksanaan)
g. Menentukan
apakah keputusan itu bagus, dan menindaklanjuti
•
Menjelaskan
fungsi pengorganisasian manajemen
Dapat membangun
hubungan yang baik, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, dapat mengambil
sejumlah keputusan dengan cepat setiap waktu, dan dapat menjadi seorang
pemimpin yang mengisnpirasi, memotivasi, dan memandu anggota timnya.
•
Menjelaskan
perbedaan di antara pemimpin dan manajer/pengelola
Pemimpin
adalah seorang yang menginspirasi orang lain untuk menjadi yang terbaik dan
mengetahui cara yang tepat untuk mengatur seluruh hal di dalam kelompok.
Manajer adalah
seorang yang berkaitan bersama pemimipin dalam perencanaan, penyusunan, dan
kegiatan mengusahakan serta pengawasan terhadap suatu usaha.
•
Merangkum
lima langkah dari fungsi kontrol manajemen
- Membuat standar yang jelas.
- Mengomunikasikan hasil kepada karyawan.
- Mengawasi dan mencatat seluruh kegiatan.
- Mengoreksi tindakan karyawan apabila tidak sesuai
standar.
- Membandingkan hasil, rencana, dan standar.
Refrensi : William Nickels, James McHugh, Susan McHugh-Understanding Business-McGraw-Hill Education (2015)
0 comments:
Posting Komentar